-->

Wow!, NFT Karafuru Asal Indonesia Laku Ratusan Juta per Gambar

Bisnis - Setelah NFT yang berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah, kini NFT asal Indonesia semakin bersinar di pasaran melalui kesuksesan NFT Karafuru.

Karafuru adalah proyek yang dibuat oleh Museum of Toys, Urban Sneakers Society, dan Willy, seorang seniman terkenal dari Indonesia. Karya digital ini resmi mendarat di OpenSea pada 17 Januari 2022 dan langsung mendapatkan popularitas berkat desainnya yang unik dan mencolok.

Per 5 Februari, total 5.555 NFT Karafuru terjual habis. Tak hanya itu, karyanya mencatat sejarah sebagai NFT lokal termahal yang harganya berkisar antara 4 ETH - 5 ETH atau Rp 160-200 juta. Karya lokal yang nyentrik ini bahkan berhasil mendapatkan ranking teratas di OpenSea.


NFT Karafuru
Hasil tangkapan layar ig Sandiaga Unno

NFT Karafuru Asal Indonesia Laris Manis

Publik mulai menyorot Karafuru ketika dan beberapa influencer dan pengusaha seperti Arief Muhammad memposting desain karakter Karafuru. Bahkan baru-baru ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, memberikan apresiasi atas capaian NFT Karafuru.

"Bukan hanya @ghozaliphoto yang bisa menjadi miliarder karena kesuksesannya dengan karya NFT-nya. Hanya dalam waktu 1 minggu, @karafurunft juga berhasil menjual karyanya hingga ratusan juta rupiah per itemnya. Luar biasa!" menuliskan Password melalui akun Instagram resminya @sandiuno, Sabtu (26/1).

Dari sisi Sandi, keberhasilan NFT lokal ini akan menjadi peluang bisnis di sektor ekonomi kreatif dan berpotensi menciptakan lapangan kerja baru. Ini juga merupakan solusi dan pendorong kebangkitan dan pemulihan ekonomi nasional.

“Saya juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan dengan membuat karya NFT 2D menjadi mainan, sehingga nilai ekonominya berpotensi meningkat berkali-kali lipat. Atas! " dia melanjutkan.

Di balik itu, NFT Karafuru tidak terlepas dari peran Jeffry Jouw, pengusaha dan Founder komunitas sneakers dan platform media USS Feed. Dalam unggahan Sandi Uno, Jeffry Jouw mengatakan USS mengaktifkan proyek tersebut bersama Wede dan artis lainnya.

“Jadi saya ingin menghubungkan NFT dengan dunia nyata Pak. Kebanyakan orang mengira NFT itu hanya gambar, saya sangat ingin NFT itu seperti yang digambar, saya membuat mainan benda fisik sesuai dengan NFT,” katanya sambil berbicara dengan Sandi.

Sebelumnya, Jeffry pernah menjadikan Avarik Saga sebagai proyek NFT pertamanya. NFT memiliki 8.888 item dan berhasil mengumpulkan USD 6 juta. Selain itu, ia juga merilis NFT Shark Outlaw dan terjual habis dalam 3 minggu.

“Karafuru mungkin yang paling istimewa dimana kami berhasil menjadi nomor 1 di dunia dengan pendapatan kurang lebih 10 juta dolar dalam seminggu,” jelasnya.

Dia berencana menggunakan pendapatan tersebut untuk merealisasikan proyek lanjutan Karafuru, yaitu road show dengan menggelar karnaval di Jakarta, Jepang, dan New York.